BAGIAN-BAGIAN/KONTRUKSI MOTOR ARUS SEARAH (MOTOR
DC)
Kontruksi
Motor Arus Searah
Sumber :
Trevor Linsley (2004: 149)
Kontrusi
Motor Arus Searah (Motor DC) memiliki 8 bagian utama, yaitu : Rangka atau
gandar, kutub medan, sikat arang,
jumparan medan, jangkar, kumparan jangkar, celah udara, dan komutator. Berikut
ini adalah penjelasan bagian-bagian untuk kontruksi motor arus searah (Motor
DC).
1. Rangka atau gandar
Rangka motor
arus searah (Motor DC), yaitu tempat meletakan sebagian besar komponen mesin
dan melindungi bagian mesin. Rangka juga memiliki fungsi sebagai mengalirkan
fluks magnet yang timbul dari kutub – kutub medan. Rangka dibuat dengan
menggunakan bahan yang kuat dan memiliki sifat ferromagnetic yang memiliki
permeabilitas tinggi untuk melewatkan fluks magnet itu. Rangka motor arus
searah (Motor DC) ini biasa dibuat dari bahan cast steel atau baja tuang
atau bisa dari baja lembaran atau rolled steel yang berfungsi sebagai penopang
mekanis dan juga sebagai bagian dari rangkaian magnet.
2. Kutub Medan
Kutub medan
terdiri dari inti kutub itu sendiri dan sepatu kutub. Sepatu kutub yang
berdekatan dengan celah udara yang ada diantara ruang kosong motor arus searah
(Motor DC) dibuat lebih besar dari badan inti. Fungsinya untuk menahan kumparan
medan di tempatnya, kemudian menghasilkan distribusi fluks magnet yang lebih
merata diseluruh jangkar dengan menggunakan permukaan yang melengkung Inti
kutub dari lamisani plat–plat baja yang terisolasi satu sama lain, Sepatu kutub
dilaminasi dan dibalut ke ini kutub. Maka kutub medan direkatkan bersama-sama
kemudian dibalut pada rangka. Pada inti kutub ini dibelitkan kumparan medan
yang terbuat dari kawat tembaga yang berfungsi untuk menghasilkan fluks magnet.
3. Sikat Arang
Sikat Arang
adalah jembatan bagi alira arus ke lilitan jangkar. Maka fungsi dan posisi
sikat arang cukup penting sebagai komponen pada motor arus searah (Motor
DC) ini. Sikat – sikat ini berbahan dasar karbon dengan tingkat kekerasan
material yang bervariasi. Tetapi ada juga pada kasus lain karbon dicampur
dengan unsure lain seperti tembaga. Sikat arang pada umumnya harus memiliki
kekuatan material yang lebih lunak dari komutator (bagian dari motor arus
searah). Tujuannya supaya gesekan yang terjadi antara segmen – segmen komutator
dan sikat arang itu sendiri tidak mengakibatkan komutator cepat aus atau usang.
Ya sebagai konsekuensi sikat arang untuk kompunen yang sering diganti dari
motor arus searah (Motor DC) ini.
4. Kumaparan Medan
Kumparan medan
adalah susunan konduktor yang dibelitkan pada inti kutub. Dimana konduktor
tersebut berbahan dasar dari kawat tembaga yang memiliki geometri bulat atupun
persegi yang berfungsi untuk menghasilkan fluks utama dibentuk dari kumparan pada
setiap kutubnya.
5. Jangkar
Inti dari
jangkar adalah silinder. Bentuknya adalah silinder yang diberi alur – alur pada
permukaanya untuk tempat melilitkan kumparan jangkar. Bahan yang digunakan
dalam pembuatan jangkar ini adalah dari kombinasi dari baja dan silicon. Bentuk
ini paling umum dalam penggunan motor arus searah (Motor DC). Dimana ggl
induksi akan timbul pada area ini.
6. Kumparan Jangkar
Kumparan jangkar pada konstruksi motor arus searah (Motor DC)
merupakan tempat yang penting dalam membentuk ggl induksi pertamakali. Ada 3
jenis kumparan jangkar pada rotor, yaitu :
1. Kumparan
jerat ( lap winding)
2. Kumparan
gelombang ( wave winding)
3. Kumparan
zig – zag ( frog – leg winding)
7. Komutator
Komutator
terdiri dari sejumlah segemen tembaga yang berbentuk lempengan – lempengan yang
disusun ke dalam silinder terpasang pada poros. Tiap lempengan atau segmen komutator terisolasi
dengan baik antara satu sama lainya. Komutator sering diasosiakan dengan
penyerah ( rectifier). Maka agar dihasilkan tegangan arus seraha yang constant,
maka diperlukan komutator dengan jumlah yang banyak jumlahnya. Bahan isolasi
ini yang digunakan pada komutator adalah mika.
8. Celah Udara
Celah Udara
adalah salah satu komponen yang sangat penting juga. Celah udara merupakan
ruang atau celah antara permukaan sepatu kutub yang menyebabkan jangkar tidak
bergesekan dengan sepatu kutub . Fungsi utamanya adalah tempat mengalir fluks
yang dihasilkan oleh kutub – kutub medan.
ijin copas kak
BalasHapusijin copas untuk bikin makalah, apa di izinkan
BalasHapusNgk boleh... Kalo bukan ayah yang nganterin wowkwkwkwowkwk
Hapusizin copas
BalasHapusWoi
BalasHapusizin copas
BalasHapus